Segudang Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Segudang Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh

Temulawak merupakan bahan rempah yang populer di Indonesia. Mempunyai nama lain Curcuma Xanthorriza Roxb, rempah ini sering digunakan sebagai jamu. Bahkan manfaat temulawak telah dirasakan dari zaman dahulu sebagai obat tradisional. Sayangnya, masih banyak orang yang kurang menyadari manfaat yang dimiliki oleh rempah ini.

Berbagai Manfaat dari Temulawak

Lantas, apa saja manfaat yang dimiliki rempah-rempah ini? Berikut berapa manfaat mengonsumsi temulawak, antara lain:

Menambah nafsu makan

Temulawak sudah sangat terkenal sebagai penambah nafsu makan untuk anak-anak. Dengan memberikan temulawak, nafsu makan mereka akan bertambah, makan pun menjadi lebih lahap dan kebutuhan gizi menjadi tercukupi. Bukan hanya sebagai jamu, namun beberapa obat yang digunakan sebagai penambah nafsu makan juga mengandung temulawak.

Mengobati gangguan pencernaan

Sebuah penelitian mengungkapkan jika dengan mengonsumsi temulawak secara teratur, pasien yang mengalami gangguan pencernaan, keadaannya akan semakin membaik.

Mengatasi kram perut ketika haid

Banyak kaum hawa yang sering merasa kram perut saat menstruasi tiba. Anda bisa mengonsumsi temulawak untuk meredakan rasa kram ini.

Menghilangkan masuk angin

Manfaat lain mengonsumsi temulawak adalah menghilangkan masuk angin. Kandungan yang berada di dalam temulawak mempunyai kemampuan mengatasi masuk angin dan sakit kepala. Dengan mengonsumsi 2 sampai 3 gelas jamu, sakit akan segera mereda.

Mengatasi masalah usus besar

Apakah Anda memiliki masalah pencernaan, terutama di bagian usus besar. Temulawak dipercaya dapat mengobati sindrom iritasi usus besar, hingga gangguan kantong empedu. Kondisi ini biasanya diiringi dengan gejala seperti kembung, mual dan nyeri di bagian ulu hati.

Mengobati kanker

Sebuah jurnal kesehatan menuliskan jika manfaat dari temulawak adalah membantu pengobatan kanker seperti kanker usus, kanker prostat hingga kanker payudara. Penelitian lain juga mengungkapkan jika nutrisi di dalamnya dapat membunuh sel kanker secara efektif.

Mengatasi demam

Manfaat yang dimiliki temulawak berikutnya ialah mampu meredakan demam. Bila Anda merupakan orang yang sering mengonsumsi obat yang dijual di apotek untuk mengatasi demam, lebih baik Anda mulai mencoba menggunakan obat herbal seperti temulawak.

Mempengaruhi metabolisme lemak

Terakhir, mempengaruhi metabolisme lemak. Metabolisme lemak merupakan proses penguraian asam lemak agar diubah menjadi energi untuk tubuh. Sebuah penelitian mengemukakan bila temulawak memiliki kandungan bahan aktif yang dapat mempengaruhi metabolisme lemak.

Golongan yang Tidak Dianjurkan Mengonsumsi Temulawak

Namun, meskipun manfaat yang dimiliki temulawak ini begitu banyak, hindari mengonsumsinya secara berlebihan. Banyak pakar kesehatan mengemukakan, temulawak aman bila dikonsumsi dalam jangka waktu beberapa hari, asalkan tidak melebihi batas pengonsumsian 18 hari secara berturut-turut. Selain itu, bila Anda ragu mengonsumsi temulawak, lebih baik konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter untuk menghindari efek samping.

Pada dasarnya, ada beberapa golongan yang tidak dianjurkan mengonsumsi temulawak seperti penderita gangguan empedu serta hati, hal ini disebabkan karena temulawak memiliki kandungan yang merangsang cairan empedu. Hindari mengonsumsi temulawak dengan durasi lebih dari 3 bulan secara terus menerus. Selain itu jika Anda mengonsumsi suplemen temulawak, pastikan suplemen tersebut sudah terdaftar pada BPOM.

Golongan lainnya yang tidak dianjurkan mengonsumsi temulawak adalah wanita hamil. Meskipun efek sampingnya belum diketahui secara pasti, lebih baik hindari mengonsumsi temulawak secara berlebihan di masa kehamilan, karena dikhawatirkan akan mengganggu janin di dalam kandungan.

Jadi, meskipun manfaat temulawak begitu banyak, Anda tetap harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, jangan sampai awalnya ingin mendapatkan manfaatnya malah mendapatkan efek sampingnya saja.

Satu pemikiran pada “Segudang Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh”

Tinggalkan komentar