Manfaat Teh Hijau dari Melangsingkan sampai Mencegah Kanker

Manfaat Teh Hijau dari Melangsingkan sampai Mencegah Kanker

Sebenarnya, manfaat teh hijau bagi tubuh sudah menjadi buah bibir dari berabad-abad yang lalu. Bahkan, banyak penelitian yang dilakukan untuk menguji apakah teh hijau benar-benar memberikan manfaat yang luar biasa bagi tubuh. Teh hijau awalnya berasal dari Tiongkok. Disajikan dalam keadaan panas, serta dicampur dengan madu, minuman ini bukan hanya nikmat untuk diminum, namun memberikan manfaat dari berbagai nutrisi di dalamnya.

Kandungan Teh Hijau

Manfaat minuman ini yang dapat kita ambil salah satunya berasal dari antioksidannya yang begitu tinggi. seperti yang kita ketahui, antioksidan mempunyai khasiat melawan radikal bebas di dalam tubuh. Radikal bebas yang berlebihan di dalam tubuh dapat merusak sel tubuh, bahkan dapat menyebabkan penuaan dini serta menimbulkan berbagai macam penyakit.

Manfaat lain dari teh hijau berasal dari senyawa katekin. Senyawa katekin ini memberikan dampak yang begitu baik untuk menghentikan kerusakan oksidatif di sel tubuh. selain itu teh hijau juga memiliki kandungan asam folat, vitamin B, kalium, mangan, kafein dan magnesium.

Manfaat Dari Teh Hijau untuk Kesehatan

Berikut beberapa manfaat dari teh hijau untuk kesehatan, antara lain:

Mengurangi lingkaran mata serta mata bengkak

Kandungan tanin dan antioksidan yang berada di dalam teh hijau dapat mengurangi lingkaran mata serta mengobati mata bengkak. Zat alami ini akan menyusutkan pembuluh darah yang berada di bawah kulit sekitar mata.

Mencegah penuaan

Manfaat lain yang dimiliki teh hijau ialah mencegah penuaan. Hal tersebut disebabkan karena teh hijau memiliki kandungan polifenol yang akan membantu menetralisir radikal bebas dalam tubuh.

Menurunkan kolesterol

Teh hijau sangat baik untuk menurunkan kolesterol jahat di dalam tubuh, selain itu kandungan di dalamnya juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik. Polifenol yang berada di dalam teh dapat menghalangi kolesterol; diserap usus dan membantu menyingkirkannya.

Melawan sel kanker

Peneliti mengungkapkan jika polifenol memiliki peran membantu menumpas sel kanker serta menghentikan pertumbuhan kanker. Bagi kaum wanita, pengonsumsian teh hijau dapat menurunkan risiko terkena kanker ovarium serta kanker endometrium. Namun, harus dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai efek dari pengonsumsian teh hijau ini.

Menurunkan berat badan

Teh hijau memiliki manfaat membakar lemak serta meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini disebabkan karena ketekin yang berada di dalam teh hijau merupakan bahan yang dapat membantu membakar lemak.

Mencegah diabetes

Teh hijau memiliki pengaruh yang sangat baik pada penyakit diabetes. Penelitian mengungkapkan jika teh hijau dapat meningkatkan kinerja insulin dan membantu mengurangi kadar gula darah. Namun, bagi Anda penderita diabetes, pengonsumsian teh hijau tetap harus dalam pengawasan dokter.

Membuat tekanan darah menjadi lebih stabil

Sebuah studi mengungkapkan jika mereka yang secara rutin mengonsumsi teh hijau akan memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak pernah mengonsumsi teh hijau. Walaupun demikian, hasil penelitian ini harus lebih dipastikan lagi.

Namun, hal yang harus diperhatikan ialah, jangan hanya mengonsumsi teh hijau untuk mendapatkan manfaat tersebut. Walaupun Anda memperoleh manfaat teh hijau dengan mengonsumsinya setiap hari, semua bisa saja sia-sia jika gaya hidup yang dijalani masih buruk. Oleh sebab itu, hindari menggantungkan kesehatan Anda pada satu jenis makanan atau minuman, namun selalu perhatikan pola makanan, istirahat cukup, rutin melakukan olahraga hingga selalu mengelola tingkat stres.

Satu pemikiran pada “Manfaat Teh Hijau dari Melangsingkan sampai Mencegah Kanker”

Tinggalkan komentar