Berbagai Manfaat Daun Salam yang Wajib Diketahui

Berbagai Manfaat Daun Salam yang Wajib Diketahui

Umumnya, daun salam digunakan sebagai bumbu dapur. Daun ini memilik aroma yang begitu khas. Namun siapa sangka, manfaat daun salam ternyata tidak hanya sebagai bumbu masakan. Akan tetapi, bagus juga untuk kesehatan. Penasaran apa saja manfaatnya? Simak penjelasannya berikut ini:

Mampu Mengendalikan Tekanan Darah

Daun salam memilik kandungan flavonoid. Kandungan tersebut dapat membantu tubuh agar bisa mengendalikan tekanan darah. Cara menggunakannya sangatlah mudah. Ambillah 10 lembar daun salam kemudian rebus bersama 3 gelas air. Minumlah secara rutin untuk menurunkan tekanan darah.

Dipercaya Dapat Mengontrol Diabetes

Bagi penderita diabetes, rutinlah mengonsumsi daun salam. Kandungan antioksidan di dalam daun salam dapat membantu proses produksi insulin pada tubuh. Selain itu, daun salam pun dipercaya dapat membantu proses penurunan gula dan kolesterol. Bahkan, dalam beberapa penelitian kesehatan, telah terbukti bahwa salam dapat mengatasi diabetes tipe 2.

Menjaga dan Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Daun salam dapat memberikan efek besar pada sistem gastrointestinal. Selain itu, mampu juga merangsang buang air kecil yang dapat menurunkan toksisitas tubuh kita, serta mampu merangsang muntah pada saat tubuh kita dimasuki racun.

Daun Salam untuk Kesehatan Rambut

Daun salam bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe dan folikel rambut. Caranya adalah dengan merebus daun salam. Setelah didinginkan, gosokkan pada kulit kepala sesudah keramas. Berbagai bahan yang dapat menguap, dan bahan kimia pada daun salam bisa menghilangkan ketombe dan kulit kering.

Mengatasi Gangguan Pernapasan

Daun salam memiliki kandungan minyak esensial. Minyak tersebut bisa dicampurkan ke dalam salep. Setelah itu, aplikasikan pada dada untuk meringankan berbagai kondisi pernapasan Anda. Selain itu, bisa juga melalui proses penumbukan sebagai obat yang dioleskan ke dada.

Sebagi Obat Batu Ginjal

Penelitian baru-baru ini mengungkapkan bahwa daun salam berkhasiat untuk membantu mengurangi tingkat urease di dalam tubuh. Sebagai informasi, jika tubuh memiliki banyak urease, maka dapat menyebabkan perkembangan masalah lambung dan batu ginjal.

Mengatasi Nyeri

Daun salam bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit bagi penderita radang sendi, dan keseleo. Karena, di dalamnya memiliki kandungan sifat antiinflamasi. Anda bisa membuat sendiri ramuannya. Yaitu dengan cara ditumbuk hingga halus, kemudian aplikasikan pada bagian yang terkena radang sendi, lalu diamkan selama 20 menit.

Menjaga Kesehatan Jantung

Daun salam ini memiliki kandungan asam caffeic. Kandungan tersebut diklaim bermanfaat untuk kesehatan jantung. Bahkan, kedua senyawa tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol tinggi dan menguatkan dinding jantung.

Mengatasi Infeksi Jamur

Menurut sejumlah penelitian, daun salam memiliki sifat anti jamur. Kandungan tersebut terbukti bisa mengatasi infeksi candida, dan mencegah adhesi candida. Dengan demikian, dapat menjaganya agar tidak bisa menembus membran.

Daun Salam Memiliki Sifat yang Menenangkan

Sama seperti teh herbal, daun salam bisa kita rebus juga untuk merasakan sensasi ketenangan. Gunakanlah daun salam yang kering, lalu buatlah menjadi segelas minuman teh. Manfaatnya untuk menenangkan saraf dan terbukti mampu mencegah rasa cemas pada diri kita. Jadi, jika Anda mengalami kecemasan, segeralah buat minuman tersebut.

Nah, itulah 10 manfaat daun salam yang baik untuk kesehatan. Daun salam tidak sulit didapatkan, baik untuk jenis yang kering maupun daun salam yang basah. Selain dapat mencegah, daun salam juga bisa menyembuhkan penyakit-penyakit tertentu.

Tinggalkan komentar