10 Manfaat Madu untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

10 Manfaat Madu untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Madu sudah dipercaya sejak lama akan khasiatnya. Selain itu, rasanya yang manis membuat madu semakin digemari. Ada banyak sekali manfaat madu bagi kesehatan. Bahkan, beberapa di antaranya mungkin masih belum banyak diketahui. Nah, kali ini akan kami ulas 10 manfaat dari madu yang baik untuk anak-anak maupun orang dewasa.

Sebagai Antibakteri dan Anti jamur

Semua jenis madu memiliki keunggulan sebagai anti bakteri. Hal ini dikarenakan, lebah menambahkan enzim yang dapat membuat hydrogen peroksida. Hal ini dipaparkan langsung oleh Direktur Unit Penelitian Madu, Universitas Waikato, Selandia Baru, yang bernama Peter Molan.

Khasiat Madu untuk Meningkatkan Kerja Atletik

Banyak atlet olahraga yang rutin mengonsumsinya. Bahkan, hal ini telah dipercaya sejak zaman olimpiade kuno. Dulu, mengonsumsi madu dan buah ara kering dipercaya bisa meningkatkan kinerja atlet. Bahkan, hingga saat ini kebiasaan tersebut masih tetap dilakukan.

Hal tersebut karena madu jauh lebih baik dalam meningkatkan waktu pemulihan dan menjaga kadar glikogen daripada jenis pemanis lain.  

Mengurangi Gangguan Gastrointestinal dan Mengurangi Bisul

Baru-baru ini sebuah penelitian menunjukkan bahwa perawatan yang menggunakan madu bisa membantu gangguan seperti gastroenteritis bakteri dan bisul. Namun, dalam perawatannya, wajib menggunakan jenis madu yang terbukti keasliannya.

Dapat Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Siapa sangka, minuman manis ini bisa membantu kita mencegah penyakit mematikan. Beberapa di antaranya adalah penyakit kanker dan jantung. Hal ini karena kandungan antioksidannya dapat mengurangi risiko penyakit tersebut.

Mengatur Kadar Gula Dalam Darah

Meskipun madu mengandung gula, namun berbeda dengan jenis gula putih, maupun pemanis lainnya. Kandungan gula pada madu adalah jenis gula sederhana. Kombinasi glukosa dan fruktosa di dalamnya dapat membantu kadar gula dalam darah.

Madu Bisa Menyeimbangkan 5 Jenis Elemen

Madu sudah lama digunakan dalam pengobatan Ayurvedic di India. Bahkan, telah digunakan lebih dari 4000 tahun yang lalu. Hingga saat ini, madu dianggap mampu mempengaruhi ketidakseimbangan material primitif pada tubuh. Madu juga dipercaya bisa menurunkan berat badan, ejakulasi dini, impoten, asma, diare, mual, bronchial, dan lainnya.

Dapat Digunakan untuk Menyembuhkan Luka Bakar dan Luka Biasa

Madu asli memiliki kelebihan yang dapat menyembuhkan luka dan luka bakar. Sifat anti bakteri dan gula sederhananya bisa menciptakan efek yang baik untuk luka. Setidaknya hal ini telah dibuktikan oleh studi.

Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Beberapa jenis madu, salah satunya madu manuka dari Australia, dipercaya bisa merangsang sel-sel kekebalan tubuh. Hal ini telah ditunjukkan oleh penelitian yang dilakukan di School of Medicine, Inggris.

Madu Sebagai Probiotik

Ada beberapa varietas madu yang dipercaya memiliki bakteri yang ramah. Beberapa di antaranya seperti jenis bakteri 4 spesies bifidobacteria dan 6 jenis spesies lactobacilli. Dari kandungannya ini cukup menjelaskan kenapa madu memiliki sifat-sifat tarapeutik misterius.

Mengatasi Iritasi Tenggorokan dan Batuk

Khasiat terakhir dari madu adalah dapat mengatasi batuk, terutama untuk jenis madu soba. Hal ini telah melalui proses penelitian pada 105 orang anak. Mereka diberi satu dosis madu soba. Khasiatnya, satu sendok madu soba setara dengan satu dosis dextromethorpan. Selain itu, kandungannya memungkinkan anak-anak tertidur lebih nyenyak.

Itulah berbagai manfaat madu yang baik untuk kesehatan. Sebagai tambahan, madu juga sering digunakan untuk kecantikan. Hal ini karena madu bisa menjadikan kulit lembut dan halus. Semoga informasi tersebut bisa bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar