10 Manfaat Daun Sirih yang Baik untuk Kesehatan Kita

10 Manfaat Daun Sirih yang Baik untuk Kesehatan Kita

Sirih adalah tanaman khas asli Indonesia. Tanaman ini tumbuh secara merambat pada pohon lain. Daunnya memiliki kandungan air yang banyak manfaatnya untuk kesehatan. Ada beberapa manfaat daun sirih yang sudah diketahui sejak lama. Bahkan, hingga saat ini daun tersebut masih sering digunakan untuk kebutuhan pengobatan.

Nah, berikut ini akan kami ulas 10 manfaat yang bisa kita rasakan dari daun sirih. Simak selengkapnya di bawah ini:

Membantu Program Diet

Jika Anda sedang dalam program diet, cobalah untuk menyempurnakannya dengan daun sirih. Dengan mengonsumsi rebusan daun sirih, Anda tidak perlu lagi meminum obat penurun berat badan.

Rebusan daun sirih akan meningkatkan sistem metabolisme tubuh meningkat. Jadi, konsumsilah secara rutin untuk menurunkan berat badan.

Dipercaya Bisa Menurunkan Depresi

Anda bisa mengunyahnya atau merebusnya untuk menurunkan gejala depresi. Hal ini telah dibuktikan dengan beberapa penelitian. Para ahli menyatakan bahwa dengan mengonsumsinya, otak akan memproduksi hormon serotonin. Sehingga, kita akan merasa bahagia.

Daun Sirih Mengatasi Mimisan

Manfaatnya ini sudah dipercaya sejak lama. Daun sirih telah terbukti dapat digunakan untuk mengatasi mimisan. Daun sirih memiliki kandungan antioksidan tannin. Kandungan tersebut dapat merespon secara cepat tubuh dalam menyembuhkan mimisan melalui cara membekukan darah.

Dapat Mengatasi Gangguan Pencernaan

Air rebusan daun sirih bermanfaat untuk mengatasi gangguan pencernaan. Anda bisa meminumnya dengan cara direbus. Rebusan daun sirih bisa membantu perut untuk menyerap mineral dan berbagai macam nutrisi dari makanan.

Membantu Mengatasi Sakit Pada Tenggorokan

Banyak sekali obat-obatan yang saat ini telah menggunakan daun sirih sebagai bahan pembuatannya. Salah satunya jenis obat khusus mengatasi sakit tenggorokan. Hal tersebut dikarenakan, daun sirih memiliki kandungan antioksidan. Kandungan tersebut bersifat anti bakteri dan antiinflamasi. Sehingga, mampu meredakan sakit tenggorokan.

Dipercaya Dapat Menghambat Karies Gigi

Apakah Anda pernah melihat kebiasaan orang yang menginang atau mengunyah sirih? Mereka yang melakukan kebiasaan tersebut, kebanyakan memiliki gigi yang masih utuh dan bagus. Penelitian berhasil mengungkapkan, bahwa mengonsumsi daun sirih bisa menghambat pertumbuhan bakteri pada gigi. Khususnya, jenis bakteri yang dapat menyebabkan karies gigi.

Hal tersebut dikarenakan, daun sirih memiliki kandungan senyawa fenolik, alkanoid, flavonoid, yang mampu menghambat karies pada gigi.

Bisa Digunakan Sebagai Antiseptik

Seperti manfaatnya untuk mengatasi mimisan, ternyata rebusannya pun  bisa digunakan untuk antiseptik. Anda hanya perlu membersihkan tubuh menggunakan air rebusan daun sirih. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan rebusannya sebagai obat kumur.

Dapat Meredakan Batuk

Khasiat lain yang hingga saat ini masih dipercaya adalah mampu mengatasi batuk. Caranya ialah melalui proses perebusan. Rebusan daun sirih dipercaya bisa mengatasi batuk. Hal ini karena daun sirih memiliki kandungan vitamin B, C, dan alkoid.

Cara menggunakannya sangat mudah, rebuslah daun sirih dengan air 300 ml selama 15 hingga 20 menit. Minumlah 1 kali dalam sehari.

Dipercaya Mampu Mengatasi Nyeri

Daun sirih memiliki kandungan polifenol yang tinggi. Sehingga, membuatnya memiliki sifat antiinflamasi yang begitu kuat. Jika Anda mengonsumsinya secara rutin, maka rasa nyeri yang kerap muncul akan hilang.

Bermanfaat Untuk Membantu Proses Menyembuhkan Luka

Kandungan antioksidan dalam daun sirih yang tinggi, ternyata menjadikannya sebagai daun yang dapat mengatasi stres oksiditaf. Dengan demikian, proses penyembuhan pada luka akan semakin cepat. Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan daun sirih pada luka. Kemudian bungkus dengan perban.

Nah, itulah 10 manfaat daun sirih dan cara penggunaannya. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu menyayangi kesehatan kita dengan melakukan pola hidup yang sehat.

Tinggalkan komentar