10 Manfaat Daun Bidara yang Bagus untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Bidara yang Bagus untuk Kesehatan

Pohon widara atau bidara adalah pohon yang menghasilkan buah bidara. Tanaman ini biasanya tumbuh di daerah yang kering. Selain buahnya, manfaat daun bidara pun sudah cukup dikenal luas. Nah, pada artikel kali ini, kami akan mengulas apa saja manfaat-manfaatnya. Setidaknya ada 10 macam manfaat yang akan kami rangkum berikut ini.

Dapat Mengatasi Gangguan Tidur

Pernah kesulitan tidur di malam hari? Cobalah atasi dengan daun bidara. Cara menggunakannya sangat mudah. Yaitu dibuat menjadi seduhan dan mengonsumsinya layaknya kita meminum teh. Teh daun bidara memiliki kandungan yang dipercaya bisa menenangkan, yaitu kandungan saponin. Sehingga, kualitas tidur menjadi lebih baik.

Bermanfaat untuk Sistem Pencernaan

Baik buah maupun daun bidara, ternyata keduanya baik untuk sistem pencernaan. Cara menggunakannya sangat mudah. Anda bisa memakan buahnya, atau mengonsumsi rebusan daunnya. Lakukan secara rutin untuk hasil terbaik.

Dipercaya Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

Daun bidara sangat baik untuk kesehatan. Anda bisa mengonsumsinya secara langsung, atau membuatnya menjadi jus untuk kesehatan jantung. Penyakit jantung sendiri memiliki banyak jenis dan penyebabnya. Selain mengonsumsi daun bidara, jagalah pola hidup agar tetap seimbang demi kesehatan jantung Anda.

Menurunkan Risiko Penyakit Diabetes

Daun bidara bisa digunakan untuk menurunkan risiko diabetes. Caranya adalah dengan meminum rebusannya. Selain itu, cegahlah diabetes dengan cara mengurangi konsumsi gula dan karbohidrat. Dengan demikian, diabetes Anda bisa teratasi secara optimal.

Mampu Mempercepat Penyembuhan Luka

Daun bidara bisa diaplikasikan langsung pada luka. Hal ini untuk mempercepat penyembuhannya. Daun bidara telah dipercaya sejak lama memiliki anti bakteri dan sifat intiinflamasi. Kandungan tersebut dapat menyembuhkan luka yang diakibatkan goresan, sayatan, maupun lecet.

Daun Bidara Sebagai Obat Wasir

Wasir bukanlah penyakit mematikan. Tapi, penyakit ini sangat mengganggu dan menyiksa. Sebagai alternatif, daun bidara bisa menjadi solusinya. Caranya adalah dengan meminum rebusannya secara rutin. Atau bisa juga dengan mengaplikasikannya secara langsung pada bagian anus yang telah membengkak.

Dipercaya Dapat Menurunkan Berat Badan

Gunakan daun bidara untuk menurunkan berat badan. Karena, daun ini terbukti dapat memberikan rasa lapar lebih lama dan membantu pembakaran lemak. Cara menggunakannya sangat mudah. Minumlah daun bidara yang sebelumnya direndam semalaman. Selain itu, bisa juga mengonsumsi teh daun bidara.

Sebagai Perawatan Rambut

Tidak hanya lidah buaya, ternyata daun bidara pun memiliki manfaat yang baik untuk rambut. Cara menggunakannya sangatlah mudah. Yaitu dengan merebusnya lalu mengaplikasikannya sebagai hair tonic. Daun bidara dipercaya dapat membuat rambut menjadi kuat, dan terhindar dari kerontokan dan kerusakan.

Dapat Digunakan untuk Membersihkan Tubuh

Daun bidara dipercaya dapat membersihkan tubuh secara maksimal. Sehingga, pada zaman dulu, daun ini sering digunakan sebagai sabun pada saat mandi. Di samping itu, daun bidara juga dipercaya bisa membantu para perempuan dalam mengatasi keputihan.

Dapat Melancarkan Haid

Selain bagus untuk keputihan, ternyata daun tersebut bagus juga untuk melancarkan haid. Daun ini terbukti mampu menyeimbangkan hormon yang menjadi penyebab siklus haid tidak teratur. Cara menggunakannya sangatlah mudah. Yaitu dengan meminum ekstrak daunnya. Demikian penjelasan tentang manfaat daun bidara. Untuk mendapatkan hasil optimal, Anda bisa mengolahnya sendiri di rumah. Sebaiknya gunakanlah jenis daun bidara yang tidak terpapar bahan kimia. Selain itu, jika Anda sedang menjalani pengobatan, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

Tinggalkan komentar